Monday, January 5, 2009

Pasar Tasik

Libur panjang akhir tahun kemarin saya isi dengan berbagai kegiatan. Selain liburan bersama keluarga ke Gelanggang Samudera Ancol, saya juga mengisinya dengan beberapa aktivitas bisnis.

Salah satunya adalah mencari sumber baru dengan cara "ngubek-ubek" Pasar Tasik Tanah Abang. Sebetulnya Pasar Tasik ini tidak terlalu asing bagi saya. Saya sudah sering ke sana.

Namun biasanya selalu telat karena saya selalu datang ketika matahari sudah tinggi alias kesiangan. Akibatnya tentu saja saya hanya mendapatkan produk dengan sisa warna dan ukuran yang bisa dikatakan "seadanya".

Lain dengan "ekspedisi" saya beberapa hari yang lalu. Berkat ajakan seorang pedagang tulen di sebuah pasar, saya diajak berangkat bareng untuk mengetahui di mana saja sumber dia mendapatkan barang.

Kami berangkat dari Bekasi naik bis pertama. Berangkat dari Bulak Kapal jam 04.10. Itupun bukan bis yang langsung menuju Tanah Abang. Kami terlebih dulu harus naik bis jurusan Blok M, kemudian turun di Komdak, untuk selanjutnya nyambung lagi dengan metromini jurusan Tanah Abang.

Langkah ini harus ditempuh karena bis pertama jurusan Tanah Abang baru berangkat jam lima pagi. Dan itu berarti kami akan kesiangan sampai disana. Dengan naik bis pertama jurusan Blok M, kami bisa sampai Tanah Abang, bahkan sebelum jam lima pagi.

Awalnya saya ditawari istri untuk bawa mobil sendiri saja. Tapi kok rasanya kurang greget. Disamping lebih boros tentunya.

Apalagi sejak lama, saya ingin menikmati betul "kemewahan"perjalanan bisnis para pedagang yang rutin diadakan setiap Senin dan Kamis tersebut.

Saya berangkat naik motor dari rumah sebelum pukul 03.30 pagi. Segar sekali rasanya, bisa membelah dinginnya udara Bekasi pada pagi tersebut.

Hm...saya tidak menyangka bahwa ternyata bis pertama yang berangkat tersebut penuh dengan penumpang. Rata-rata semuanya pedagang yang akan berbelanja ke Pasar Tasik Tanah Abang.

Penampilan mereka hampir sama. Membawa kantong plastik hitam yang berisi barang dagangan yang akan ditukar ke tempat mereka beli sebelumnya.

Kebanyakan dari mereka sudah saling kenal. Ada yang berjualan di Pasar Tambun, Pasar Baru Bekasi, bahkan dari daerah Cikarang.

Sebelum ke Tanah Abang, kami terlebih dulu mampir ke Pasar Tasik di JaCC Waduk Melati. Aktivitas perdagangan grosir sudah ramai walaupun baru jam lima pagi. Lokasinya ada di lantai dasar dan di lt. 5.

Setelah sholat shubuh di mushola lt. 5, kami mulai bergerilnya di antara "lautan" jilbab dan busana muslim.

Hm...merasakan denyut kehidupan di sini, saya merasa betapa luas peluang yang terbuka di muka bumi ini.

Salam,
Faif

1 comment:

モバゲー said...

クリスマスに1人だなんてこの日本最大級のコミュニティサイトモバゲーにはあなたと同じ境遇の方がわんさかいるのに!ご近所さんで探す?プロフで探す?出会い方はあなた次第!